Langsung ke konten utama

Pemberian Pakan Lele


Aturan Yang benar Pemberian Pakan Lele

1.            Pemberian pakan untuk pelet berjenis mengapung :
·         Pelet berjenis mengapung sebelum diberikan harus diberi sedikit air, tempatkan pelet dalam wadah dan semprotkan viterna lalu diaduk secara merata dan diamkan 20 menit sebelum pakan diberikan. Hal ini tentunya untuk membuat pelet lebih kenyal dan mudah untuk dikosumsi si ikan lele.

·       Tebarkan secara merata di keseluruhan kolam, berikan perlahan agar kita dapat melihat berapa lama ikan-ikan kita menghabiskan pelet tersebut. Hentikan jika lele sudah lamban menjemput makanan, telihat air tenang dan lele tidak berebut makanan. Dengan kata lain jangan hentikan penebaran pakan sebelum semua lele tenang (kenyang).

2.            Pemberian pakan untuk pelet berjenis tenggelam :
·         Tidak perlu mebahasi pakan (pelet) yang berjenis tenggelam (langsung berikan)
·         Tebarkan pelet/pakan disatu titik, dan itu bertujuan agar lele mengetahui jika tempat Anda biasa meberi pakan, dan selanjutnya dia akan menghafal tempat itu. Jangan hentikan pemberian pakan sebelum lele kenyang (air tenang tidak ada yang berebut pakan.
Waktu Yang Benar Untuk Pemberian Pakan Ikan Lele
Agar pertumbuhan lele normal dan cepet besar, pemberian pakan harusnya dilakukan 4 sampai 6 kali memberi pakan dengan pembagian waktu :
  • -4 kali sehari dengan pembagian yaitu pukul : 09.00, 13.00, 17.00, 21.00
  • 6 kali sehari dengan pembagian yaitu pukul : 09.00, 12.00, 15.00, 17.00, 19.00, 21.00
  • Pemberian pakan terserah kita ingin memilih jadwal pemberian yang mana dari pembagian waktu diatas, tetapi Anda harus konsisten memlilih salah satu diantaranya sampe lele memasuki waktu panen.
Beberapa Larangan Pemberian Pakan Ikan Lele
  • Harus ditak memberi pakan berlebihan karena pakan yang tersisa akan menyatu dengan air menjadi amoniak yang bahaya dan dapat meracuni lele bahkan mematikan.
  • Jangan pernah mengobok-obok kolam dalam waktu apapun, jika berkepentingan untuk mengambil ikan untuk dimasak, gunakan cara pemancingan agar lele yang lain tidak stres, mengobok-obok air membuat lele stres dan susah untuk tumbuh besar.
  • Disaat sedang turun hujan jangan pernah memberi pakan ikan lele.
  • Jangan memberi pakan saat waktu masih sangat pagi (fajar) menurut penelitian hal ini dapat menyebabkan lele terkena radang insang  dan bisa memperlambat pertumbuhan lele atau bahkan kematian.

Demikian jenis pakan ikan lele dan cara pemberian yang benar, diatas adalah langkah mudah yangmembantu Anda agar sukses dalam dunia budidaya ikan lele, jadi kesimpulan suksesnya seorang wirausaha ikan lele ini adalah "pakan", pakan menjadi hal penting dalam hidup ikan lele. Pemilihan pakan yang baik yang mengandung proteon tinggi sangat bagus untuk pertumbuhan ikan lele, selain itu tentunya pemberian pakan juga harus beraturan sesuai jadwal pembagian yang saya sebutkan diatas. Maju terus para pengusaha ikan lele!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Usaha Ternak Itik Petelur

KELOMPOK TANI   “BARANGAN JAYA” DESA KALIAU’ KECAMATAN SAJINGAN BESAR KABUPATEN SAMBAS Alamat :   Dusun Tapang RT/RW 006/004, Desa Kaliau’, Kecamatan Sajingan Besar, Sambas Telp. 0812-5347-7546 / 0857-5346-3168 Nomor              : 01 / KT-BJ / V / 2015                                         Kepada : Lamp                : 1 ( satu ) berkas                                                Yth. Kepala Dinas Peternakan Perihal              : Permohonan Bantuan Modal                           Kabupaten Sambas                           Usaha                                                                Di-                                                                                                         SAMBAS Dengan hormat, Perkenalkan kami kelompok tani “BARANGAN JAYA” di Desa Kaliau’, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas mengusulkan bantuan modal usaha kepada   Dinas Peternakan Kabupaten Sambas guna mengembangkan ekonomi anggota serta pemanfa

Surat Perjanjian Kerjasama

Pada hari ini,……….….. tanggal …… bulan …………….…..tahun ……..., bertempat di Desa Kaliau’ Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas, yang bertandatangan di bawah ini : Nama                            : DANIEL DANI No. KTP                       : Alamat                                     : RT/RW 001/001, Dusun Sajingan, Desa Kaliau’, Kecamatan Sajingan                                       Besar, Kabupaten Sambas. Telp. 081253477546 Yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA Nama                            : KATARINA TATA No. KTP                       : Alamat                                     : RT/RW 006/004, Dusun Tapang, Desa Kaliau’, Kecamatan Sajingan                                         Besar, Kabupaten Sambas. Yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA Secara bersama-sama kedua pihak bersepakat untuk mengadakan perjanjian kerjasama usaha dengan ketentuan-ketentuan yang diatur dalam pasal-pasal sebagai berikut : Pasal 1 Ketentuan Umum

Mengenal Bawang Dayak

Bawang Dayak adalah salah satu tumbuhan berkhasiat obat yang tumbuh dan berkembang dengan subur di Kalimantan. Entah kenapa tanaman yang satu ini lebih terkenal dengan bawang Dayak, mungkin karena lebih populer digunakan oleh ahli pengobatan herbal suku Dayak di Kalimantan. Nama lain bawang Dayak adalah Bawang Sabrang, Bawang Berlian, dan Bawang Tiwai. Di Kalimantan Barat dikenal dengan Bawang Ama'. Nama latin bawang Dayak adalah  Eleutherine  palmifolia  (L.) Merr atau  Eleutherine bulbosa  Mill. Tanaman bawang Dayak setinggi sekitar 20-40 cm. Dengan daun hijau halus berujung runcing. Bawang Dayak mengandung zat kimia yaitu Flavonoid, Alkaloid, Saponin, Triterpenoid, Steroid, dan Tannin. Beberapa manfaat bawang Dayak adalah sebagai seperti Penyakit Jantung, Kanker, Infeksi Saluran Napas Atas (ISPA), TBC, dll. Cara menggunakan bawang Dayak adalah dengan mengambil umbinya. Umbi dipisahkan dari batang & daunnya. Umbi bawang dayak dikonsumsi bisa dengan direb